Madrasah Gratis Diputuskan Pertengahan 2011


Foto

Jakarta, (www.kemenag.go.id) - Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan, pihaknya saat ini secara serius merancang agar siswa madrasah memperoleh pendidikan secara gratis. Diharapkan pertengahan tahun 2011 keputusan madrasah gratis dapat terwujud, apakah secara keseluruhan atau sebagian yang gratis.

"Kami berharap antara bulan Juni-Juli 2011 ada kesimpulan, (madrasah) digratiskan keseluruhan atau sebagian," kata Menag pada acara penandatangan kesepakatan bersama antara Menteri Agama dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang Pelaksanaan pengarustamaan jender dan pemenuhan hak anak di bidang keagamaan di Jakarta, Senin (24/1).
Oleh karena itu, lanjutnya, Kementerian Agama saat ini sedang menghitung berapa dampak biaya apabila madrasah gratis, baik uang muka maupun uang bulanan. "Sekarang kan rada-rada semu. Disebut gratis, ada uang suka rela," kelakarnya.
Dalam kesempatan itu Menteri Agama kembali mengemukakan program gerakan masyarakat maghrib mengaji, yaitu gerakan akan masyarakat kembali seperti di masa silam, mengisi waktu antara maghrin sampai isya dengan pola hidup yang religius.

"Tidak seperti sekarang diganti dengan sinetron maghrib," ujarnya.

Gerakan ini, kata menteri dapat disingkat GM3 merupakan pemenuhan hak anak, sehingga terwujud anak-anak yang berkualitas dan soleh. "Kita harus takut meninggalkan anak-cucu yang lemah baik fisik maupun pendidikan," terang Suryadharma Ali. (ks)

Tidak ada komentar: